Senin, 30 Januari 2012

resume

BAB I
Pengertian IPS dan Pendidikan IPS
Ø  IPS : nama mapel integrasi dari mapel Sejarah, Geografi, dan Ekonomi serta mapel ilmu social lainnya dgn cirri khasnya u/ SD & Menengah adalah sifat terpadu ( integrated )
Ø  Pendiddikan IPS ( Social Studies ) : mengacu pada disiplin-disiplin ilmu social dgn tujuan memberikan kesempatan kepada siswa u/ mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan nilai yg memungkinkan mereka dapat mejadi WN yg berpartisipasi aktif dlm masyarakat yg demokratis

Perkembangan Pengertian IPS
Ø  Social Studies : upaya membatasi ilmu-ilmu social u/ penggunaan secara paedagogik ( The National Herbart Society papers of 1896-1897 )
Ø  Social Studies : bidang khusus dalam pemanfaatan data ilmu-ilmu social sebagai tenaga dlm memperbaiki kesejahteraan umat manusia ( CSS : 1913 )
Ø  Social Studies : konsep pilihan dari ilmu-ilmu social dengan tujuan u/ memperbaiki nasib orang miskin dan kaum buruh perkotaan yg kurang beruntung ( Heber Newton )
Ø  Social Sciences as the core of curriculum  / ilmu social sebagai inti dari kurikulum           ( NCSS : 1935 )
Ø  Social studies : ilmu social yang disederhanakan u/ tujuan pendidikan ( Edgar Wesley : 1937 )
Ø  ilmu sosial adalah studi terintegrasi dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora untuk mempromosikan kompetensi sipil. Dalam program sekolah, studi sosial menyediakan terkoordinasi, menggambar studi sistematis pada disiplin ilmu seperti antropologi, ekonomi, arkeologi, geografi, sejarah, hukum, filsafat, ilmu politik, psikologi, agama, dan sosiologi, serta konten yang sesuai dari humaniora, matematika, dan ilmu alam. Tujuan utama dari ilmu sosial adalah untuk membantu peole muda mengembangkan kemampuan untuk membuat keputusan dan beralasan untuk kepentingan publik sebagai warga masyarakat, budaya beragam demokratis di dunia yang saling tergantung.( NCSS : 1993 )

Pengertian Pendidikan IPS dalam konteks Indonesia
Ø  Pendidikan IPS : penyederhanaan atau adaptasi dari disiplin ilmu –ilmu social dan humaniora , serta kegiatan dasar manusia yang diorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis u/ tujuan pendidikan.u/ SD,SMP,SMA ( Somantri, 2001:92 )
Ø  Pendidikan IPS : seleksi sda .( PT & LPTK )
Ø  PIPS dlm kurikulum sekolah : mapel wajib ( UU Sisdiknas no 20 thn 2003 )
Ø  PIPS sbg kajian akademik / IPS sbg pendidikan disiplin ilmu adalah PIPS sbg seleksi dan integrasi dr disiplin ilmu social dan ilmu lain yg relevan.

PIPS sebagai pendidikan disiplin ilmu.
Ø  Karakteristik PIPS sebagai pendidikan disiplin ilmu :
·         Terpadu ( integrated )
·         Interdisipliner
·         Multidimensional
·         Cross-disipliner
Ø  Lima tradisi social studies :
·         IPS sbg transmisi kewarganegaraan ( social studies as citizenship transmition )
·         IPS sbg ilmu-ilmu social ( social studies as social sciences )
·         IPS sbg penelitian mendalam ( social studies as reflective inquiry )
·         IPS sbg kritik kehidupan social ( social studies as social criticism )
·         IPS sbg pengembangan pribadi individu ( social studies as personal development of the individual )
Ø  PIPS sbg disiplin ilmu : PIPS yg dikaji dan dikembangkan secara ontologism , epistemologis, dan aksiologis di PT baik jenjang S1, S2, S3.
Ø  Pendidikan disiplin ilmu social : seleksi dr struktur disiplin akademik ilmu-ilmu social ygdiorganisasikan dan disajikan secara ilmiah dan psikologis u/ mewujudkan tujuan pendidikan FPIPS dalam kerangka pencapaian tujuan nasional yg berdasarkan Pancasila dan UU Sisdiknas.
Ø  Unsure-unsur disiplin ilmu ;
·         A community of scholars
·         A body of thinking, speaking, writing by these scholars
·         A method of approach to knowledge
Landasan pendidikan IPS
1.      Landasan FILOSOFIS
Menentukan apa objek kajian atau domain apa saja yg menjadi kajian pokok dan dimensi pengembangan PIPS. ( filsafat perennialsm, essentialsm, progressivism, reconstructionism : Brameld, 1955 ; O’Neil, 2001 )
2.      Landasan IDEOLOGIS
Mmemberikan system gagasan yg bersifat ideologis thd PIPS yg tidak cukup diatasi hanya oleh filsafat yg bersifat umum.( O’Neil : 2001 )
3.      Landasan SOSIOLOGIS
Memberikan dasar sosiologis thd pranata dan institusi pendidikan dalaam proses perubahan social yg konstruktif ( Dewey, 1964; ( Kuhn, 2001 )
4.      Landasan ANTROPOLOGIS
Memberikan dasar social – cultural masyarakat thd struktur PIPS sbg pendidikan disiplin ilmu dalam proses perubahan social yg konstruktif ( Pai, 1990 )

5.      Landasan KEMANUSIAAN
Menentukan karakteristik ideal manusia sebagai sasaran proses pendidikan
6.      Landasan POLITIS
Menentukan arah dan garis kebijakan dalam politik pendidikan dari PIPS.
7.      Landasan PSIKOLOGIS
Menentukan cara-cara PIPS membangun struktur tubuh disiplin pengetahuannya.
8.      Landasan RELIGIUS
Ttg nilai-nilai, norma, etika, dan moral yg menjadi jiwa yg melandasi keseluruhan bangunan PIPS, khususnya pendidikan di Indonesia.


BAB II
IPS
Ø  IPS SD : nama mapel yg berdiri sendiri sbg integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu social, humaniora, sains bahkan berbagai isu dan masalah social kehidupan yg mementingkan dimensi pedagogic dan psikologis serta kemampuan berpikir siswa yg holistik
Ø  IPS SMP : mapel yg terdiri atas sejarah, geografi, dan ekonomi
Ø  IPS SMA :
·         Salah satu jenis program studi ( A3 )
·         Sejumlah mapel yg termasuk ke dalam disiplin ilmu-ilmu social ( tata Negara, sosiologi antropologi, ekonomi, geografi, dan sejarah )
Ilmu-ilmu Sosial
Ø  Disiplin ilmu social : semua disiplin akademik yang berkaitan dengan manusia dalam konteks social ( Norman MacKenzie , 1966:7 )
Ø  Disiplin ilmu social mengkaji perilaku manusia, dan memandang situaasi peristiwa umat manusia dari perspektif yang agak berbeda dan unik.
Ø  Ada 8 disiplin ilmu yang mendukung pengembangan social studies yaitu :
·         Antropologi, ekonomi, geografi, filsafat, ilmu politik, psikologi, psikologi, dan sosiologi.
Ø  Objek kajian disiplin ilmu social adalah manusia
Ø  Disiplin ilmu social meliputi :
1.      Antropologi : mempelajari budaya manusia
a.       Antropologi social : mempelajari kelp. Manusia yg ada saat ini yg menggunakan cara hidup tertentu.
b.      Etnologi : spesialisasi dalam mengumpulkan info tentang segala aspek budaya yg ada melalui kerja lapangan
c.       Antropologi bahasa : mempelajari bahasa yg digunakan manusia dengan focus kajian penggunaan bahasa dalam konteks social
d.      Antropologi fisik : menggunakan teknik ilmu pengetahuan alam dalam studi MH.
e.       Arkeologi : menggunakan teknik penggalian dan analisis ilmiah sisa –sisa MH u/ merekonstruksi cara hidup manusia yg telah musnah
f.       Primatologi : mempelajari perilaku kelp. Primat bukan manusia ( baboon, simpanse, dan gorilla )
Ilmu Ekonomi
Ø  Adalah suatu studi ttg bagaimana langkanya sumber yg dimanfaatkan u/ memenuhi keinginan manusia yg tidak terbatas.
Ø  Ahli ekonomi mikro : mengkaji perilaku individu-individu, persoalan RT, perusahaan dan pasar.
Ø  Ahli ekonomi makro : mengkaji keberfungsian ekonomi secara keseluruhan
Geografi
Ø  Mempelajari prmukaan bumi dan bagaimana manusia mempengaruhi serta dipengaruhi oleh lingkungan fisiknya.
Ø  Geografi fisik : mempelajari aspek fisik bumi ( iklim, tanah, sumber air, penyebaran tanaman dan binatang, dan bentuk tanah )
Ø  Geografi budaya : mempelajri penyebaran penduduk pada suatu wilayah tertentu.
Ø  Kartografi / pemetaan : mempelajari pencatatan lokasi penduduk dan tempat di bumi
( bukan ilmu social )
Sejarah
Ø  Adalah studi ttg kehidupan manusia di masa lampau
Ø  Keterbatasan par sejarawan dalam menggambarkan kehidupan masa lampau :
1.      Kurangnya catatan yg lengkap dari peristiwa masa lalu.
2.      Keterangan masa lampau kadang berat sebelah dan menyimpang
Penyimpangan sejarah bisa disebabkan oleh :
a.       Banyak orang yg meninggalkan catatan sejarah lebih lengkap dari pada orang lainnya
b.      Banyak kelp. Orang yg menyimpan catatan sejarah yg lebih lengkap daripada kelp. Lainnya.
c.       Adanya kecenderungan u/ memfokuskan pada peristiwa dan pribadi orang aneh dan spektakuler.
d.      Menulis sejarah yg menggambarkan penyimpangan menurut nasionalisme / ras dari sejarahwan
e.       Menilai peristiwa dan orang zaman dahulu dengan nilai dan ukuran sekarang
f.       Membiarkan pengetahuan kita ttg peristiwa sejarah kontemporer mempengaruhi analisis, misalnya, sebab da akibat.
Ilmu Politik
Ø  Mempelajari kebijakan umum ( public policies ) ( ttg perkembangan dan penggunaan kekuasaan manusia dalam masyarakat khususnya dalam pemerintahan.
Ø  Bidang kajian khusus :
·         Tingkatan pemerinthan : Negara dan pemerintah daerah, pemerintah pusat, hub. Internasional,
·         Fungsi pemerintahan : proses legislative, eksekutif, dan peradilan, hokum, perilaku politik, dan administrasi umum.
Psikologi.
Ø  Mempelajari perilaku individu-individu dan kelp kecil individu.
Ø  Spesialisasi dalam psikologi :
·         Psikologi perkembangan : mengkaji aspek perkembangan manusiaselama hidupnya.
·         Psikologi eksperimen : menggunakan pendekatan eksperimental u/ mempelajari perilaku manusia secara individu
·         Psikologi social : perilaku manusia dalam kelp
·         Psikologi kepribadian : mempelajari perkembangan dan hakikat kepribadian manusia.
·         Psikologi pengetahuan : bagaimana manusia berpikir dan belajar
·         Psikologi klinis : meneliti perilaku manusia terdidik yang tidak normal.
Sosiologi
Mempelajari perilaku manusia dalam kelompok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar