Sekolah : SDN 001 Sangata Utara
Mata : Pelajaran: IPS
Kelas / Semester : IV/2
Jumlah pertemuan : 2 kali pertemuan
Standar Kompetensi : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi
di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi.
di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi.
Kompetensi Dasar : 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi serta pengalaman menggunakannya.
transportasi serta pengalaman menggunakannya.
Indicator : 2.3.1. Mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi.
2.3.2. Mengidentifikasi jenis teknologi produksi, komunikasi, transportasi
tradisional dan modern.
tradisional dan modern.
2.3.3. Menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari teknologi tradisional
dan modern
dan modern
2.3.4. Membuat cerita tentang pengalamannya menggunakan salah satu
teknologi.
teknologi.
A. Tujuan pembelajaran
1 1. Melalui pengamatan terhadap benda / gambar siswa dapat mengklasifikasikan jenis teknologi
produksi, komunikasi, dan transportasi
produksi, komunikasi, dan transportasi
2 2. Setelah membaca dan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi jenis teknologi
produksi, komunikasi, transportasi tradisional dan modern
produksi, komunikasi, transportasi tradisional dan modern
3 3. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari teknologi tradisional
dan modern
dan modern
4 4. Berdasarkan pengalamannya siswa dapat membuat cerita tentang pengalamannya menggunakan
salah satu teknologi.
salah satu teknologi.
B. Materi ajar
1. 1. Klasifikasi jenis teknologi
- Produksi : traktor, alat tenun mesin, blender, mixer, gilingan padi, dll
- Komunikasi: kentongan, surat, bedug, telepon, telegraf, HP, dll
- Transportasi:
a. Darat: becak,dokar, mobil, kereta api, sepeda, sepeda motor,dll
b. Laut: perahu, rakit, dayung, kapal, speedboat,dll
c. Udara: pesawat.
1 2. Identifikasi jenis teknologi tradisional dan modern
Jenis teknologi
|
Tradisional
|
Modern
|
Produksi
|
Cangkul,lesung, ATBM,dll
|
Traktor, gilingan padi,dl
|
Komunikasi
|
Surat, kentongan, bedug,dll
|
Telepon,HP, faximili,dll
|
Transportasi
|
Dokar,becak,sepeda,rakit,dll
|
Mobil,pesawat, kereta api,dll
|
2 3. Kelebihan dan kekurangan teknologi tradisional dan modern, misalnya
Teknologi
|
Kelebihan
|
Kelemahan
|
Tradisional
|
Ramah lingkungan
|
Kerjanya lambat
|
Modern
|
Menimbulkan polusi
|
Kerjanya cepat
|
3 4. Cerita pengalaman menggunakan teknologi.
C. Alokasi waktu : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
D. Metode : diskusi, Tanya jawab, penugasan, permainan kartu kata
F. SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I (indicator 1- 3)
TAHAP
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Kegiatan awal
|
Appersepsi:
Menyanyikan lagu “Naik Delman” untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan dipelajari
|
Menyanyikan lagu “Naik Delman”
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Menyajikan peta konsep dan gambar tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
2. Memberi tugas siswa untuk mengidentifikasi jenis teknologi produksi, konsumsi, dan transportasi berdasarkan gambar
3. Membagi siswa dalam kelompok kecil (4 – 5) orang
4. Tiap kelompok berlomba memasangkan kartu kata untuk mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (tradisional dan modern)
5. Menugaskan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, dimulai dari kelompok yang paling cepat menyelesaikan
|
1. Menyimak dan mengamati peta konsep dan gambar yang disajikan guru
2. Mengidentifikasi jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
a. Produksi : traktor, alat tenun mesin, blender, mixer, gilingan padi, cangkul, bajak, lesung,dll
b. Komunikasi: kentongan, surat, bedug, telepon, telegraf, HP, dll
c. Transportasi:
Darat: becak,dokar, mobil, kereta api, sepeda, sepeda motor, dll
Laut: perahu, rakit, dayung, kapal, speedboat,dll
Udara: pesawat, helicopter,dll
3. Membentuk kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang. ( nama kelompok bisa diambil dari salah satu jenis teknologi produksi, konsumsi, dan transportasi)
4. Berlomba memasangkan kartu kata untuk mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (tradisional dan modern).
5. Secara bergantian tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok yang lain menanggapi.
|
10 menit
15 menit
10 menit
20 menit
30 menit
|
Kegiatan akhir
|
1. Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
2. Mengadakan evaluasi tertulis
|
1. Membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari
2. Mengerjakan soal tertulis.
|
5 menit
10 menit
|
SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN II (indicator 4-5)
TAHAP
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
WAKTU
|
Kegiatan awal
|
1. Appersepsi :
Mengajukan beberapa pertanyaan tentang jenis-jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi ( tradisional dan modern)
|
1. Menjawab pertanyaan yang diajukan guru tentang jenis-jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
1. Menyajikan gambar salah satu jenis teknologi (tradisional dan modern), misalnya lesung dan mesin penggilingan padi dan menjelaskan secara singkat penggunaannya.
2. Membagi siswa dalam kelompok. (4-5) orang
3. Memberi tugas pada tiap kelompok untuk mendiskusikan kelebihan dan kelemahan teknologi tradisional dan modern
4. Menugaskan kepada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
5. Memberi tugas untuk membuat cerita tentang pengalaman dalam menggunakan salah satu teknologi, disertai gambar.
|
1. Mengamati gambar dan menyimak penjelasan guru tentang penggunaan teknologi tradisional dan modern (lesung dan mesin penggilingan padi
2. Membentuk kelompok.
3. Mendiskusikan kelebihan dan kelemahan teknologi tradisional dan modern melalui membaca buku teks dan sumber bacaan yang lain.
4. Mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
5. Membuat gambar dan cerita tentang pengalaman menggunakan salah satu jenis teknologi .
|
5 menit
5 menit
20 menit
20 menit
40 menit
|
Kegiatan akhir
|
1. Membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
2. Member saran-saran tentang penggunaan teknologi.
|
1. Membuat kesimpulan
2. Mendengar saran-saran dari guru
|
10 menit
|
G. Penilaian
* Teknik : Tes dan Non Tes
* Bentuk : Tes Tulis dan Tes Unjuk Kerja
a. Tes Tulis
Instrumen :
1. lengkapilah table berikut ini !
Jenis teknologi
|
Tradisional
|
Modern
|
Produksi
|
1. ……………
2. ……………
3. ……………
|
1. ……………
2. ……………
3. ……………
|
Komunikasi
|
1. ……………
2. …………….
3. …………….
|
1. ……………..
2. …………….
3. …………….
|
Transportasi
|
1. ……………..
2. ………………
3. ……………..
|
1. …………….
2. ……………..
3. ………………
|
2. Menurut kalian manakah alat transportasi di bawah ini yang lebih ramah lingkungan dan sehat ?
mengapa ?
mengapa ?
H. Sumber Belajar
* Buku paket IPS SD kelas IVBSE ( hal 3 – 12 )
* Gambar yang relevan
* Kartu kata
Mengetahui Surabaya, Nopember 2011
Dosen Mahasiswa
U M I N A H
117855402
Tidak ada komentar:
Posting Komentar