Sabtu, 12 November 2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

                                RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                           : SDN 001 Sangata Utara
Mata                               : Pelajaran: IPS
Kelas / Semester             : IV/2


Jumlah pertemuan        : 2 kali pertemuan
Standar Kompetensi     : 2. Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi
                                             di lingkungan kabupaten/kota dan  propinsi.
Kompetensi Dasar        : 2.3 Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan 
                                               transportasi serta pengalaman menggunakannya.
Indicator                        :    2.3.1.   Mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan 
                  transportasi.
    2.3.2.     Mengidentifikasi jenis teknologi produksi, komunikasi, transportasi
                  tradisional dan modern.
    2.3.3.     Menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari teknologi tradisional 
                  dan modern
    2.3.4.      Membuat cerita tentang pengalamannya menggunakan salah satu
                   teknologi.
A. Tujuan pembelajaran
1        1. Melalui pengamatan terhadap benda / gambar siswa dapat mengklasifikasikan jenis teknologi 
              produksi, komunikasi, dan transportasi
2        2. Setelah membaca dan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi jenis teknologi
              produksi, komunikasi, transportasi tradisional dan modern
3        3. Melalui diskusi siswa dapat menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari teknologi tradisional
              dan modern
4        4. Berdasarkan pengalamannya siswa dapat membuat cerita tentang pengalamannya menggunakan     
              salah satu teknologi.
B. Materi ajar
1.      1. Klasifikasi jenis teknologi
  • Produksi : traktor, alat tenun mesin, blender, mixer, gilingan padi, dll
  • Komunikasi: kentongan, surat, bedug, telepon, telegraf, HP, dll
  • Transportasi:
a.       Darat: becak,dokar, mobil, kereta api, sepeda, sepeda motor,dll
b.      Laut: perahu, rakit, dayung, kapal, speedboat,dll
c.       Udara: pesawat.
1   2. Identifikasi jenis teknologi tradisional dan modern
Jenis teknologi
Tradisional
Modern
Produksi
Cangkul,lesung, ATBM,dll
Traktor, gilingan padi,dl
Komunikasi
Surat, kentongan, bedug,dll
Telepon,HP, faximili,dll
Transportasi
Dokar,becak,sepeda,rakit,dll
Mobil,pesawat, kereta api,dll

2     3. Kelebihan dan kekurangan teknologi tradisional dan modern, misalnya
Teknologi
Kelebihan
Kelemahan
Tradisional
Ramah lingkungan
Kerjanya lambat
Modern
Menimbulkan polusi
Kerjanya cepat

3    4. Cerita pengalaman menggunakan teknologi.

C. Alokasi waktu           : 6 x 35 menit (2 x pertemuan)
D. Metode                       : diskusi, Tanya jawab, penugasan, permainan kartu kata

F. SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I (indicator 1- 3)
TAHAP
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WAKTU
Kegiatan awal
Appersepsi:
Menyanyikan lagu “Naik Delman”  untuk mengarahkan siswa pada materi yang akan dipelajari
Menyanyikan lagu “Naik Delman”
5 menit
Kegiatan Inti
1.  Menyajikan peta konsep dan gambar tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
2.  Memberi tugas siswa untuk mengidentifikasi jenis teknologi produksi, konsumsi, dan transportasi berdasarkan gambar
















3.  Membagi siswa dalam kelompok kecil (4 – 5) orang




4.   Tiap kelompok berlomba memasangkan kartu kata untuk mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (tradisional dan modern)


5.  Menugaskan kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, dimulai dari kelompok yang paling cepat menyelesaikan

1.      Menyimak dan mengamati peta konsep dan gambar yang disajikan guru

2.  Mengidentifikasi jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
a.   Produksi : traktor, alat tenun mesin, blender, mixer, gilingan padi, cangkul, bajak, lesung,dll
b.   Komunikasi: kentongan, surat, bedug, telepon, telegraf, HP, dll
c.  Transportasi:
*   Darat: becak,dokar, mobil, kereta api, sepeda, sepeda motor, dll
*   Laut: perahu, rakit, dayung,  kapal,  speedboat,dll
*   Udara: pesawat, helicopter,dll
3.  Membentuk kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang.  ( nama kelompok bisa diambil dari salah satu jenis teknologi produksi, konsumsi, dan transportasi)

4.  Berlomba memasangkan kartu kata untuk mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (tradisional dan modern).

5.  Secara bergantian tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok yang lain menanggapi.
10 menit




15 menit




















10 menit






20 menit







30 menit
Kegiatan akhir
1.  Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
2.  Mengadakan evaluasi tertulis
1.  Membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari
2. Mengerjakan soal tertulis.
5 menit

10 menit


 
SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN II (indicator 4-5)
TAHAP
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WAKTU
Kegiatan awal
1.      Appersepsi :
Mengajukan beberapa pertanyaan tentang jenis-jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi    ( tradisional dan modern)
1.      Menjawab pertanyaan yang diajukan guru tentang jenis-jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
5 menit
Kegiatan inti
1.      Menyajikan gambar salah satu jenis teknologi (tradisional dan modern), misalnya lesung dan mesin penggilingan padi dan menjelaskan secara singkat penggunaannya.

2.      Membagi siswa dalam kelompok.  (4-5) orang

3.      Memberi tugas pada tiap kelompok untuk mendiskusikan  kelebihan dan kelemahan teknologi tradisional dan modern

4.   Menugaskan kepada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya

5.  Memberi tugas untuk membuat cerita tentang pengalaman dalam menggunakan  salah satu teknologi, disertai gambar.
1.      Mengamati gambar dan menyimak penjelasan guru tentang penggunaan teknologi tradisional dan modern (lesung dan mesin penggilingan padi

2.      Membentuk  kelompok.


3.      Mendiskusikan kelebihan dan kelemahan teknologi tradisional dan modern melalui membaca buku teks dan sumber bacaan yang lain.

4.   Mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.



5. Membuat gambar dan cerita tentang pengalaman menggunakan  salah satu jenis teknologi .
5 menit






5 menit


20 menit






20 menit




40 menit


Kegiatan akhir
1.  Membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
2.  Member saran-saran tentang penggunaan teknologi.
1. Membuat kesimpulan

2. Mendengar saran-saran dari guru
10 menit

G. Penilaian

 *  Teknik        : Tes dan Non Tes
 *  Bentuk       : Tes Tulis dan Tes Unjuk Kerja
     a.  Tes Tulis
          Instrumen          :
1.       lengkapilah table berikut ini !
        
Jenis teknologi
Tradisional

Modern

Produksi
1.      ……………
2.      ……………
3.      ……………
1.      ……………
2.      ……………
3.      ……………
Komunikasi
1.      ……………
2.      …………….
3.      …………….
1.      ……………..
2.      …………….
3.      …………….
Transportasi
1.      ……………..
2.      ………………
3.      ……………..
1.      …………….
2.      ……………..
3.      ………………
2.      Menurut kalian manakah alat transportasi di bawah ini yang lebih ramah lingkungan dan sehat ?   
         mengapa ?

H. Sumber Belajar
         * Buku paket IPS SD kelas IVBSE ( hal 3 – 12 )
         * Gambar yang relevan
         * Kartu kata



            Mengetahui                                                     Surabaya, Nopember 2011
            Dosen                                                             Mahasiswa


                                                                                   U M I N A H
                                                                                    117855402







Tidak ada komentar:

Posting Komentar