Get Gifs at CodemySpace.com

Minggu, 13 November 2011

SKENARIO II


SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN II (indicator 4-5)
TAHAP
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WAKTU
Kegiatan awal
1.      Appersepsi :
Mengajukan pertanyaan tentang jenis-jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi       ( tradisional dan modern)
1.      Menjawab pertanyaan yang diajukan guru tentang jenis-jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
5 menit
Kegiatan inti
1.      Menyajikan gambar salah satu jenis teknologi (tradisional dan modern), misalnya lesung dan mesin penggilingan padi dan menjelaskan secara singkat penggunaannya.
 2.      Membagi siswa dalam kelompok.  (4-5) orang

3.      Memberi tugas pada tiap kelompok untuk mendiskusikan  kelebihan dan kelemahan teknologi tradisional dan modern


4.      Menugaskan kepada tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
 5.      Memberi tugas untuk membuat cerita tentang pengalaman dalam menggunakan  salah satu teknologi, disertai gambar.
1.      Mengamati gambar dan menyimak penjelasan guru tentang penggunaan teknologi tradisional dan modern (lesung dan mesin penggilingan padi

2.      Membentuk  kelompok.


3.      Mendiskusikan kelebihan dan kelemahan teknologi tradisional dan modern melalui membaca buku teks dan sumber bacaan yang lain.

4.      Mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.


5.      Membuat gambar dan cerita tentang pengalaman menggunakan  salah satu jenis teknologi .
5 menit





 5 menit


20 menit





 20 menit



40 menit


Kegiatan akhir
1.      Membimbing siswa dalam membuat kesimpulan
2.      Member saran-saran tentang penggunaan teknologi.
1.      Membuat kesimpulan

2.      Mendengar saran-saran dari guru
10 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar