SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN II (indicator 4-5)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
WAKTU
|
Kegiatan awal
|
1. Appersepsi :
Mengajukan pertanyaan
tentang jenis-jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (
tradisional dan modern)
|
1. Menjawab pertanyaan yang diajukan
guru tentang jenis-jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
1. Menyajikan gambar salah satu jenis
teknologi (tradisional dan modern), misalnya lesung dan mesin penggilingan
padi dan menjelaskan secara singkat penggunaannya.
2. Membagi siswa dalam kelompok. (4-5) orang
3. Memberi tugas pada tiap kelompok
untuk mendiskusikan kelebihan dan
kelemahan teknologi tradisional dan modern
4. Menugaskan kepada tiap kelompok
untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
5. Memberi tugas untuk membuat cerita
tentang pengalaman dalam menggunakan
salah satu teknologi, disertai gambar.
|
1. Mengamati gambar dan menyimak
penjelasan guru tentang penggunaan teknologi tradisional dan modern (lesung
dan mesin penggilingan padi
2. Membentuk kelompok.
3. Mendiskusikan kelebihan dan
kelemahan teknologi tradisional dan modern melalui membaca buku teks dan
sumber bacaan yang lain.
4. Mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya.
5. Membuat gambar dan cerita tentang
pengalaman menggunakan salah satu
jenis teknologi .
|
5 menit
5 menit
20 menit
20 menit
40 menit
|
Kegiatan akhir
|
1. Membimbing siswa dalam membuat
kesimpulan
2. Member saran-saran tentang
penggunaan teknologi.
|
1. Membuat kesimpulan
2. Mendengar saran-saran dari guru
|
10 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar