SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I (indicator 1- 3)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
WAKTU
|
Kegiatan awal
|
Appersepsi:
Menyanyikan lagu “Naik Delman” untuk mengarahkan siswa pada materi yang
akan dipelajari
|
Menyanyikan lagu “Naik Delman”
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
1.
Menyajikan peta konsep dan gambar tentang
perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
2.
Memberi tugas siswa untuk mengidentifikasi jenis
teknologi produksi, konsumsi, dan transportasi berdasarkan gambar
3. Membagi
siswa dalam kelompok kecil (4 – 5) orang
4.
Tiap kelompok berlomba memasangkan kartu kata untuk
mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
(tradisional dan modern)
5. Menugaskan
kepada setiap kelompok untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya,
dimulai dari kelompok yang paling cepat menyelesaikan
|
1.
Menyimak dan mengamati peta konsep dan gambar yang
disajikan guru
2.
Mengidentifikasi jenis teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi
a.
Produksi : traktor, alat tenun
mesin, blender, mixer, cangkul, bajak,
lesung,dll
b.
Komunikasi: kentongan, surat,
bedug, telepon, HP, dll
c.
Transportasi:
Darat: becak,dokar, mobil, kereta
api, sepeda, sepeda
Laut: perahu, rakit, dayung, kapal, dll
Udara: pesawat, helicopter,dll
3.
Membentuk kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang. (
nama kelompok bisa diambil dari salah satu jenis teknologi produksi,
konsumsi, dan transportasi)
4.
Berlomba memasangkan kartu kata untuk
mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
(tradisional dan modern).
5. Secara
bergantian tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok
yang lain menanggapi.
|
10 menit
15 menit
10 menit
20 menit
30 menit
|
Kegiatan akhir
|
1. Membimbing siswa untuk membuat
kesimpulan
2. Mengadakan evaluasi tertulis
|
1. Membuat kesimpulan materi yang
telah dipelajari
2. Mengerjakan soal tertulis.
|
5 menit
10 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar