Sabtu, 12 November 2011

SKENARIO


SKENARIO PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I (indicator 1- 3)
TAHAP
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
WAKTU
Kegiatan awal
Appersepsi:
Menyanyikan lagu “Naik Delman”
Menyanyikan lagu “Naik Delman”
5 menit
Kegiatan Inti
1.   Menyajikan peta konsep dan gambar tentang perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi.
 2. Memberi tugas siswa untuk mengidentifikasi jenis teknologi produksi, konsumsi, dan transportasi berdasarkan gambar














3.   Membagi siswa dalam kelompok kecil (4 – 5) orang





4.  Tiap kelompok berlomba memasangkan kartu kata untuk mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (tradisional dan modern)
5.  Menugaskan kepada setiap kelompok empresentasikan hasil kerja kelompoknya, dimulai dari kelompok yang paling cepat menyelesaikan
1. Menyimak dan mengamati peta konsep dan gambar yang disajikan guru



2.  Mengidentifikasi jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
a.  Produksi : traktor, alat tenun mesin, blender, mixer, gilingan padi, cangkul, bajak, lesung,dll
b.  Komunikasi: kentongan, surat, bedug, telepon, telegraf, HP, dll
c.  Transportasi:
*  Darat: becak,dokar, mobil, kereta api, sepeda, sepeda motor
*   Laut: perahu, rakit, dayung,  kapal,dll
*   Udara: pesawat, helicopter,dll
3.  Membentuk kelompok yang beranggotakan 4 – 5 orang.  ( nama kelompok bisa diambil dari salah satu jenis teknologi produksi, konsumsi, dan transportasi)
4.  Berlomba memasangkan kartu kata untuk mengklasifikasikan jenis teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi (tradisional dan modern).
5.  Secara bergantian tiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok yang lain menanggapi.
10 menit




15 menit

















10 menit






20 menit







30 menit
Kegiatan akhir
1.  Membimbing siswa untuk membuat kesimpulan
2.  Mengadakan evaluasi tertulis
1.  Membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari
2.  Mengerjakan soal tertulis.
5 menit

10 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar